Kamis, 23 Desember 2010

BANGGA MENGGUNAKAN BATIK INDONESIA

Kesenian batik adalah kesenian gambar di atas kain untuk pakaian yang menjadi salah satu kebudayaan keluaga raja-raja Indonesia zaman dulu. Awalnya batik dikerjakan hanya terbatas dalam kraton saja dan hasilnya untuk pakaian raja dan keluarga serta para pengikutnya. Oleh karena banyak dari pengikut raja yang tinggal diluar kraton, maka kesenian batik ini dibawa oleh mereka keluar kraton dan dikerjakan ditempatnya masing-masing.
Lama-lama kesenian batik ini ditiru oleh rakyat terdekat dan selanjutnya meluas menjadi pekerjaan kaum wanita dalam rumah tangganya untuk mengisi waktu senggang. Selanjutnya, batik yang tadinya hanya pakaian keluarga kraton, kemudian menjadi pakaian rakyat yang digemari, baik wanita maupun pria.
Kemudian zaman trus berjalan dan semakin modern, yang mulanya batik hanya dibuat berbentuk pakaian sekarang sudah banyak dimodifikasi menjadi tas, syal, jaket, celana, rok. Bahkan kalangan remaja sudah tidak malu untuk menggunakan batik, karena mungkin modelnya yang sudah dimodif atau tidak monoton lagi.


lokasi: Universitas UHAMKA
model: Dita, Mitha, Lia, Nurul
kamera: Sony DCR-SR68E (handycam)

Menurut para model: Awalnya, kami menganggap batik hanya cocok digunakan untuk acara formal,tidak bisa dipakai untuk kuliah,dan terlihat sangat tua sehingga tidak percaya diri dengan batik yang kami pakai. Tetapi kami mencoba memodifikasi dengan memakai rok batik dengan gaya baju casual dengan kerudung dan kamipun nyaman menggunakannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar